hal hal yang perlu diketahui seputar surat penawaran

artikel hal hal yang perlu diketahui seputar surat penawaran
Iklan Anda 1

 Apa itu surat penawaran? - Ini beberapa hal yang perlu diketahui



Surat penawaran? apakah teman teamn sekalian pernah mendengar soal surat penawaran?, bagi teman teman yang belum tahu, surat ini digunakan untuk melakukan penawaran terhadap suatu barang. Pada dasarnya, surat penawaran diajukan jika seorang pengusaha ingin melakukan transaksi bisnis dengan perusahaan lain atau konsumen.

lalu bagaimana format dalam membuat surat penawaran? terus seperti apa sih contoh surat penawaran yang baik dan benar? dirangkum dari Detik.com, berikut penjelasannya untuk teman teman sekalian:

Iklan Anda 2

Apa Itu Surat Penawaran Barang?

Dilansir dari e-Journal Universitas Internasional Batam, surat penawaran adalah surat yang berisi tentang penawaran suatu produk atau jasa yang ditujukan kepada calon pembeli, surat ini biasanya disebut juga sebagai surat jual. Surat penawaran dapat dibuat karena adanya permintaan penawaran dari calon pembeli atau penjual yang ingin menawarkan produknya kepada perseorangan atau instansi perusahaan.

Dijelaskan juga dalam buku Mail Merge: Solusi Praktis untuk Surat-Surat Bisnis, surat penawaran atau sering disebut juga Offering Letter. Surat ini berisi informasi yang bertujuan untuk meningkatkan minat pembaca terhadap barang atau jasa yang ditawarkan
Surat ini biasanya dikirimkan oleh penjual sebagai balasan atas surat permintaan penawaran dari calon pembeli. Namun, bisa juga dikirimkan kepada calon pembeli yang tidak mengajukan surat permintaan, jika penjual bermaksud mempromosikan produk dagangannya.

Tujuan Surat Penawaran

Tentu ada tujuan kenapa surat penawaran harus disertakan ketika ingin melakukan penawaran terhadap suatu barang atau jasa. Lantas apa saja tujuannya? Simak secara lengkap di bawah ini:

  1. Untuk perkenalan produk atau jasa.
  2. Sebagai ajang promosi terhadap suatu produk atau jasa kepada perusahaan lain.
  3. Meningkatkan hasil pemasaran bagi perusahaan.
  4. Menjalin atau membuat hubungan dengan perusahaan lain.
  5. Memperluas atau memperbanyak jaringan dengan perusahaan lain.
  6. Memperkenalkan barang atau jasa kepada masyarakat, khususnya pihak yang potensial menjadi pembeli.

Format dalam Surat Penawaran Barang

Dalam membuat surat penawaran tidak bisa sembarangan detikers. Ada sejumlah format khusus sehingga surat penawaran dapat dinyatakan valid. Biar nggak bingung, berikut format dalam membuat surat penawaran barang:

  1. Kop surat perusahaan, tulis secara lengkap dengan alamat, nomor telepon, alamat email, dan alamat website jika ada.
  2. Nama kota dan tanggal surat diterbitkan.
  3. Nomor surat, urutan nomor surat keluar dari perusahaan.
  4. Lampiran, biasanya lampiran detail barang atau jasa dan harganya.
  5. Perihal, isi inti dari surat.
  6. Tujuan, yaitu pihak atau perusahaan yang dituju.
  7. Salam pembuka, sapaan pembuka yang resmi dan formal.
  8. Isi surat, berisi inti dari penawaran yang diberikan.
  9. Salam penutup, berisi salah penutup dan harapan agar perusahaan dapat menindaklanjuti surat tersebut.
  10. Nama dan tanda tangan, dari pimpinan perusahaan atau pejabat yang ditunjuk.
  11. Stempel, dibuat pada area tanda tangan.
Nah itu dia beberapa hal yang perlu untuk diketahui seputar surat penawaran, untuk contoh surat penawaran, terman teman bisa lihat dan download contoh surat penawaran yang ada di list dibawah ini:




Sumber: Detik.com
Iklan Anda 3
  • Deskripsi

    apa itu surat penawaran, contoh surat penawaran, download contoh surat penawaran, fungsi surat penawaran, tujuan surat penawaran,
  • oleh:

    Admin
  • Tag

    artikel surat penawaran